Widgets

Jalur Pendakian Gunung Cikuray




Cikuray yang identik dengan sebuah kerucut raksasa adalah salah satu gunung yang terletak di selatan kota Garut Jawa Barat. Gunung Cikuray mempunyai ketinggian 2.818 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah tiga gunung lainnya yaitu, Gunung Ceremai (3078 mdpl), Gunung Pangrango (3019 mdpl), dan Gunung Gede (2958 mdpl).  Meskipun gunung ini indah, Gunung Cikuray terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia.

Transportasi

Pendakian Gunung Cikuray dari Cilawu dapat dicapai dari Garut. Perjalanan dari jalan raya untuk menuju titik awal pendakian yaitu stasium pemancar TV  dapat memakan waktu sekitar 2 jam sampai dengan 3 jam berjalan kaki atau dapat menggunakan jasa ojek hanya sekitar 40 menit. Untuk trek jalan dari jalan raya menuju stasiun pemancar TV, dapat dilalui dari Desa Babakan Loak – Desa Cisumur – Desa Mekarsari – stasiun pemancar TV. 

Keadaan jalan untuk menuju stasiun pemancar cukup lebar di mana dapat dilalui mobil namun jalan tersebut hanya tesusun dari bebatuan. Jika hendak menuju Kecamatan Cilawu ini dengan kendaraan umum dapat mengambil jurusan Garut yang akan berhenti di Terminal Garut (Guntur), kemudian dilanjutkan dengan angkot 06 menuju Cilawu, dapat turun di Sukamulya atau Cigarungsang,di tengah jalan kita ketemu Pos perkebunan,di situ kita di suruh ngisi buku tamu dan kena biaya Rp.2.000/orang. Lalu dapat dilanjutkan dengan jasa ojek untuk menuju Stasiun pemancar Rp.30.000/orang

Jalur Pendakian Cilawu

Dari stasiun pemancar, memulai pendakian melalui kebun teh dengan punggungan yang terlihat jelas, dari sana juga dapat terlihat bentuk punggungan yang akan didaki hingga menuju puncak Gunung Cikuray jika cuaca cerah tanpa kabut. Perjalanan melewati kebun teh hanya singkat, sekitar 30 menit dengan keadaan jalur yang gersang dan berdebu. Setelah itu baru memasuki hutan yang teduh. Di luar musim hujan, kondisi tanah masih terlihat gersang dan berdebu bila ditapaki.

Pos 1 dapat dicapai dari stasiun pemancar TV dengan waktu tempuh sekitar 50 menit. Kemudian ditambah sekitar 50 menit lagi untuk menuju Pos 2. Waktu tempuh Pos 2 ke Pos 3 adalah 1,5 kali lebih lama dibanding waktu tempuh dari Pos 1 ke Pos 2.  Karena medannya yang curam, dengan kontur yang rapat, Pos 1, Pos 2, dan Pos 3 hanya mampu menampung satu sampai dua tenda. Sementara di Pos 4 terdapat tempat yang lebih luas yang dapat menampung sampai tiga tenda.

Sebelum memulai pendakian, sebaiknya mengisi perbekalan air di stasiun pemancar TV. Dalam musim kemarau panjang, pendaki tidak dapat mengisi perbekalan air di stasiun pemancar karena para pekerja di stasiun pemancar tersebut juga harus bolak–balik ke desa untuk mengisi ulang air yang mereka butuhkan. Maka untuk lebih pastinya, sebaiknya diisi sebelum menuju stasiun pemancar, tepatnya di desa terakhir : Desa Cisumur atau Cikoneng di Desa Dayeuh Manggung, Kecamatan Cilawu.

Pos 4 Perjalanan dilanjutkan terus mendaki dari Pos 4 menuju Pos  membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan kemiringan yan lebih terjal seperti Pos 3 menuju Pos 4 yang kemudian dapat dilanjutkan ke Pos Puncak Bayangan yang memiliki lahan yang lebih luas dari lima pos sebelumnya dan dengan keadaan lebih datar tanpa adanya semak belukar.

Perjalanan setelah Pos Puncak Bayangan dapat dilakukan menuju Pos yang luasnya hampir sama dengan pos puncak bayangan yang mampu menampung sekitar 3 sampai 4 tenda. Dari Pos 6 ini pepohonan tinggi sudah tidak terlalu rapat namun masih dapat menghalangi hantaman angin langsung dan sudah sangat dekat dengan Puncak Gunung Cikuray. Pos 6 ini dapat menjadi tempat yang paling santai untuk menunggu momen matahari terbit atau tenggelam. Hanya tinggal menanjak ke puncak kurang dari 15 menit dengan membawa perbekalan secukupnya, lalu balik lagi ke Pos 6 sekitar 10 menit.

Puncak Gunung Cikuray dengan menampilkan panorama kota dan pegunungan di wilayah Garut. Di sebelah barat tampak berjajar pegunungan sampai ke arah utara, mulai dari Gunung Papandayan sampai Gunung Guntur.

Di puncak Gunung Cikuray terdapat bangunan berupa pos seluas 2.5 x 2.5 meter. Jadi hanya mampu menampung 1 tenda. Menempati pos di puncak ini merupakan pilihan yang beresiko, apalagi di saat musim hujan. Selain karena kondisi puncak yang gersang dan tidak dikelilingi pepohonan, pos tersebut biasa menjadi incaran para pendaki yang langsung menuju puncak untuk mendirikan tenda.

Tambahan:
  • Bawa jaket tebel krn dingin bgt,apalagi pas di puncak
  • Sedia air yg banyak krn setelah Pemancar ga ada sumber air
  • Yang dari Bekasi bis arah Garut jam 10 mlm itu yg terakhir
  • Buat ke Pemancar klo mau carter Elf mending yg udah kenal sama daerah situ atau udh kenal sama tukang ojek nya,krn ojek nya kyk nya agak sedikit rese klo ada angkutan lain yg naik ke atas (ngerasa di ambil jatah rejeki nya mgkn)
  • Klo bisa pake sepatu krn jalur nya banyak akar (drpd kaki luka2 kena potongan akar)

Pesan

Disini saya tidak meberikan estimasi biaya perjalanan karena estimasi biaya setiap waktu bisa berubah dan saya menganjurkan untuk tanya langsung ke petugas langsung dengan cara menghubungi petugas lewat postingan CP petugas silahkan klik di sini untuk mengetahui nomer telfon petugas gunung 
Comments
27 Comments
27 Responses
  1. arya sajalah Says:

    Tgl 3-4nov ngerayap ni broo.. Sya Arya dari jakarta bagi yg mau merapat di tunggu kabarnya.. bisa hubungin 081282862836 /  2A1C1329


  2. Insyallah januari kesana , doakan


  3. mbak Rika Sartika Dewi jngn mintak doa ke saya tapi mintak ke pada Tuhan :) #SalamNgeong


  4. Muhamad Iman Says:

    Januari nya tanggal berapa nih ???


  5. Anonymous Says:

    Insya Allah tgl 7 februari mau naik, makasih infonya :)


  6. Jay Rooney Says:

    Salam keong..untuk bualan marer oke ga ni naik ke sana.


  7. Jay Rooney Says:

    Sory mksd ane bulan maret


  8. angga ari Says:

    tgl 30 insyaallah ingin menikmati alam cikuray hehe
    salam lestari



  9. salam lestari..
    klo jlan dari bogor ada yg langsung k'garut gk bang..
    mohon info ny bang..
    klo gk ada halangan 28 skrng saya mau nanjak cikuray bang.thx


  10. #SalamNgeong #SalamBesiTua
    mas #jonScooterust.. panggil gendut aja mas.. kalo soal transportasi saya kurang tau mas.. ni lagi saya carikan info tmn yang tinggal di jakarta..
    di tunggu kedatanganya #BesiTua di Gubuk Keong :D


  11. Amazing Girl Says:

    Insyaallah cikuray target destinasi kami selanjutnya setelah lebaran..hehehe... thank's info nya... :)


  12. Dimas Dwiki Says:

    Longweek ini ke cikuray bro insya Allah.. kalo ad yang mau barengan ayok :D


  13. Adigunaguna Says:

    Jumat bsk ane berangkat :)


  14. Dana Prasetya Says:

    jumat tanggal 23 ane ma temen ane mau kecikuray,ada yg mau gabung ga?ane dari bekasi


  15. dana prasetya Says:

    Kondisì terakhir dicikuray gmana bang,jumat ini ane mau muncak kesana


  16. mas @dana wah kurang tahu mas kan saya bukan juru kuncinya sana hhi.. langsung aja ke postingan sini mas tanya2 ke penjaga basecamp-nya

    http://chk2489.blogspot.com/search/label/CP%20

    Gunung kalo mau tanya2 kondisinya saat ini.. makasih dah berkunjung di #CatatanHarianKeong


  17. Rekomendasi ngecamp bang keong di mana nih? Pos 5 atau 6? Thx


  18. mas @pramu: kalo saya dulu di pos 6 mas


  19. Dayu Sari Says:

    Yg dari jabodetabek Yang mau 17agustusan di cikurai,,, yuk gabug sm kita ..


  20. Kira kira kalau bawa 30 orang cukup ga ya untuk tempat camp di puncaknya?


  21. Tanggal 5 Agustus saya mau ngerayap kesana.. Ada yang mau gabung? Dari depok


  22. botay Says:

    assalamualaikum bang,maaf bang kalo boleh tanya bang,untuk info biaya dari terminal sampai pemancar berapa ya total nya?terimakasih


  23. farid Says:

    Bro biaya per pos berapa duit ya? Tolong di perjelas dong, rencana tanggal 31 juli 2014 ane merayap kesana bro kalau ada yang mau gabung call me: 08999136217


  24. mas Botay dan mas Farid : Waalaikumsalam.. klo soal biaya transportasi dan bascamp saya tidak menulis karena biaya sifatnya bisa berubah-ubah.. lebih lengkapnya langsung aja menuju postingan ke kontak ini.. copy paste kan link ini di broswer anda ( http://chk2489.blogspot.com/2013/06/nomer-telepon-pengurus-taman-nasional.html#more ) *Tidak pakai tanda kurung

    trimakasih atas kunjunganya Salam Keong


  25. Paramorefans Says:

    Assalamualaikum... ane rencana sminggu abis lebaran nih ke cikuray, ada yang mau gabung ? Hehe ane dari garut, kalo ke cikuray belum pernah sih karena sibuk haha tapi kalo ke papandayan sama guntur ane sering buat sekedar refreshing karena banyak sumber air hehe. Cp : 087724788656 (fauzy) kalo ada yang barengan nih haha


  26. yudy2208 Says:

    Brngkat brp orng mba? Sya brangkat Ber 3 dri bekasi..